Penyusunan Dokumen Sumber Daya Alam Kabupaten Magetan Dalam Angka

Pemaparan Hasil Kajian Dokumen Sumber Daya Alam
Kabupaten Magetan dalam Angka Tahun 2018

Pada hari Jumat, tanggal 22 November 2019, diadakan pemaparan Hasil analisis Dokumen Sumber Daya Alam dalam Angka Tahun 2018. Pemaparan dilakukan di Ruang Rapat Yosonegoro Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan. Pemaparan dihadiri oleh Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Setdakab Magetan dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan pengumpulan data Sumberdaya Alam Kabupaten Magetan.

Penyusunan Dokumen Sumber Daya Alam dalam Angka merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan. Pada Tahun 2019 ini, Kabupaten Magetan bekerja sama dengan PPLH UNS dalam melakukan penyusunan Dokumen Sumber Daya Alam dalam Angka Tahun 2018. Penyusunan dokumen pada tahun 2019 didampingi oleh dua tenaga ahli dari PPLH UNS yaitu Prof. Dr. Ir. Suntoro Wongso Atmojo, M.Si. beliau merupakan ahli pertanian bidang sumber daya tanah dan juga air. Kedua adalah Dr. Suryanto, S.E., M.Si. beliau merupakan ahli bidang ekonomi lingkungan.

Terdapat perbedaan antara Dokumen Sumber Daya Alam dalam Angka Tahun 2018 dengan Tahun 2019. Pada Tahun 2019, selain menyampaikan sumber daya alam di Kabupaten Magetan dalam bentuk angka, dokumen tahun 2019 juga disertai dengan analisis terkait potensi, permasalahan dan rekomendasi pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Magetan. Isu utama yang terjadi di Kabupaten Magetan yang kemudian diangkat ke dalam Dokumen adalah permasalahan air (kekeringan). Selain permasalahan air dikaji pula permasalahan terkait dengan tanah, hayati dan juga energi.