Kegiatan Kerjasama PPLH-LPPM UNS dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan dalam Penyusunan Dokumen Keanekaragaman Hayati

whatsapp-image-2017-10-09-at-083152-1whatsapp-image-2017-10-09-at-084040whatsapp-image-2017-10-09-at-083821

Dokumen keanekaragaman hayati merupakan dokumen lingkungan hidup yang menginventarisasi flora dan fauna (herpetofauna) yang berada di daerah tertentu. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan telah menjalin kerjasama untuk menginventarisasi keanekaragaman hayati sudah 2 tahun terakhir. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH), pusat studi dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan survei Inventarisasi Keanekaragaman Hayati (Kahati) dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2017 dan sampai selesai, yang diperkirakan sampai tanggal 21 Oktober 2017.

Kami PPLH sebagai penanggungjawab kegiatan KAHATI dalam proses survei mengakomodir mahasiswa UNS sebagai surveyor. Tujuannya sebagai bentuk pelatihan langsung kepada mahasiswa terjun ke masyarakat dan sebagai wujud pendidikan kuliah lapang yang diterapkan di Universitas Sebelas Maret. Mahasiswa UNS yang menjadi surveyor adalah mahasiswa jurusan Biologi FMIPA yaitu  Adinda Jatu Meidiani, Anisa Septiasari, Nor Liza, Jeri Yoga Satria, Okki Saputra Rakebsa, Ayu Astuti, Nieko Octavi, Yoshe Rahmad, Herlina Nofitasari dan Ahmad Bulkini.

Wilayah yang di survei di Kabupaten Magetan meliputi 4 Kecamatan yaitu Kawedanan, Lambeyan, Bendo dan Sukomoro. Pada Kahati tahun 2016 meliputi 2 Kecamatan Plaosan dan Panekan, serta diharapkan untuk tahun berikutnya sampai seluruh Kabupaten Magetan dapat terinventarisasi. Foto - foto diatas merupakan proses survei yang dilakukan oleh surveyor untuk mengindentifikasi sebaran keanekaragaman flora dan fauna di Kabupaten Magetan.