DIKLAT

Pusat Penelitian Lingkungan (PPLH), Universitas Sebelas Maret sebagai Lembaga Diklat ber-akreditasi A dari Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia (Nomor sertifikat: 014/AKR/Diklat-S.Amdal/LH/05/2013) akan menyelenggarakan berbagai Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Hidup khususnya Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Sebagaimana telah diketahui, Pasal 15 Undang-undang Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana dan/atau program.

Sementara itu, Peraturan Pemerintah Nomor 27/2012 tentang Izin Lingkungan mengamanatkan bahwa pelaksanaan AMDAL dan UKL-UPL harus lebih sederhana, bermutu serta menuntut profesionalisme, akuntabilitas dan integritas semua pihak terkait agar instrument ini dapat digunakan sebagai perangkat pengambil keputusan kelayakan lingkungan yang efektif dari suatu rencana usaha dan/ atau kegiatan. Oleh karena itu, Pasal 11 PP Nomor 27/2012 menegaskan bahwa penyusunan dokumen AMDAL wajib dilakukan oleh penyusun AMDAL yang telah memiliki sertifikat kompetensi penyusun AMDAL. Sertifikat kompetensi penyusun AMDAL dapat diperoleh melalui uji kompetensi, dan untuk dapat mengikuti uji kompetensi termaksud, setiap orang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan penyusunan AMDAL yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Kompetensi di bidang AMDAL.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 15/2010 Pasal 2, tentang Persyaratan dan Tata Cara Lisensi Komisi Penilai AMDAL juga menegaskan bahwa Komisi Penilai AMDAL (Pusat, Provinsi atau Kabupaten/ Kota) wajib memiliki lisensi sebagai syarat untuk melakukan penilaian dokumen AMDAL. Penerbitan lisensi tersebut diberikan setelah komisi penilai memiliki Tim Teknis dengan sumber daya manusia yang paling sedikit 2 (dua) orang telah lulus pelatihan penyusunan AMDAL dan paling sedikit 3 (tiga) orang telah lulus pelatihan penilaian AMDAL.

DAFTAR KURSUS PPLH UNS 2016

FORM PENDAFTARAN DIKLAT