Suplemen dari SPIRULINA, wujud pengabdian PPLH dibidang Kesehatan dan Lingkungan

Spirulina adalah nama bagi satu bentuk makanan tambahan yang mirip kepadaChlorella dan Aphanizomenon flos-aquae (Alga Biru Hijau). Spirulina terdapat di berbagai belahan dunia dan sering digunakan sebagai makanan tambahan serta sebagai makanan lengkap dan diproduksi dalam bentuk tablet, kepingan, serbuk dan juga cairan. Spirulina juga digunakan sebagai makanan binatang tambahan untuk industri akuakultur, akuarium dan ternakan ayam.

Dari beberapa manfaat diatas Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) yang diketuai oleh Bapak Fea Prihapsara, M.Sc. Apt. Dengan tujuan umum yaitu spirulina sebagai variasi keanekaragaman pangan dalam bidang kesehatan dan menjaga ekosistem lingkungan. PPLH melakukan pengabdian kepada masyarakat tentang Diseminasi Teknologi Enkapsulasi pada Produk Spirulina sebagai Suplemen yang Mengandung Omega 6 dan Omega 3. Formula yang dihasilkan dalam kapsul Sprirulina ini, diharapkan dapat menjadi suplemen yang sehat dan sangat kecil mengandung bahan kimia.

Pengabdian ini dibantu oleh Bapak Dr. Al. Sentot Sudarwanto, M.Hum dan Ibu Anif Nur Artanti, M.Sc. Apt. yang dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo. Berikut kumpulan dokumentasi kegiatan:

Koordinasi Kegiatan Pengabdian Oleh Kepala PPLH yaitu Prof. Dr. Okid Parama A, M.S dan Ketua TIM Pengabdian dengan Mitra Pengabdian yaitu Mas Lutfi Huzain CEO Neoalga (baju Hitam).
Lokasi Budidaya Spirulina di Kabupaten Sukoharjo
Proses pengeringan Spirulina
Spirulina yang sudah kering dapat dimakan langsung
Foto Bersama