Pengolahan Janggelan, sebagai Wujud Pengabdian PPLH kepada Masyarakat di Kabupaten Wonogiri

Pusat Penelitian Lingkungan Hidup LPPM Universitas Sebelas Maret Surakarta melakukan salah satu Pengabdian di Kabupaten Wonogiri, tepatnya di Desa Temboro, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Wonogiri. Pengabdian ini dilakukan oleh Bapak Drs. Eko Setyanto, M.S. dengan dibiayai oleh Kemeristek Dikti. Pengabdian merupakan penelitian gabungan dari 3 institusi/perguruan tinggi. Anggota pengabdian meliputi Ibu Kun Harismah, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Surakarta) dan Bapak  Drs. Amrul, S.T., M.T. (Politeknik Semarang). Judul Pengabdian ‚ÄúPenerapan Teknologi Penepungan dan Pengemasan Daun Janggelan untuk Produk Ekspor di Desa Temboro, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Wonogiri.

Latar belakang pengabdian yaitu sebagai inovasi kemajuan teknologi untuk pemberdayaan masyarakat. Desa Temboro merupakan desa mampu menghasilkan tanamanan janggelan yang melimpah. Hal ini didukung dengan kondisi tanah yang baik dikawasan ini. Pada awalnya hasil tanaman yang hanya dijual dalam kondisi kering, dengan harga berkisar 9.000 s.d 13.000 rupiah per kilogram. Dari kondisi tersebut Bapak Eko dengan tim menginisiasi melakukan pengabdian di wilayah tersebut supaya meningkatkan nilai jual dari daun janggelan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu pusat studi yang fokus didalam pengelolaan lingkungan hidup berbasis Saerah Aliran Sungai (DAS), PPLH LPPM UNS melalui pengabdian yang dilaksanakan dengan cara memberikan pengarahan kepada masyarakat proses penanaman yang benar serta perawatan yang baik, bertujuan untuk kelangsungan ekosistem DAS yang berkelanjutan.

Pelaksanaan pengabdian yang dilakukan oleh Bapak Eko dan Tim dengan kelompok tani yang ada di Desa Temboro. Hasil produk pengabdian ini berupa Bubuk Janggelan yang dapat digunakan sebagai pembuat jelly, atau minuman lainnya.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksaan Pengabdian PPLH
(Bapak Eko Setyanto, Prof Okid Parama Astirin, dan masyarakat Desa Tembolo)
Bimbingan Teknis kepada Masyarakat tentang Pemanfaatan Janggelan dan Perlindungan serta Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Percobaan Alat Pengepresan/Pemadatan Janggelan yang dilakukan oleh Masayarakat yang didampingi oleh Bapak Eko
Pelatihan langsung Pembuatan Olahan Janggelan oleh Ibu-Ibu Desa Tembolo yang dipandu langsung oleh instruktur handal dibidang Makanan yaitu Mas Handik
Pelatihan langsung Pengemasan Produk Janggelan oleh masyarakat Desa Tembolo yang dipandu langsung oleh Bapak Eko Setyanto.